Senin, 09 Mei 2011

Kurikulum Dasar dan Menengah Dirombak


image Guna meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, Kementerian Pendidikan Nasional berencana akan merombak kurikulum beberapa mata pelajaran pada pendidikan dasar dan menengah. Belum saya setujui. Sekarang ini kurikulum dikembangkan oleh pihak sekolah, ke depan akan kita tata lagi. Beberapa materi dipegang secara nasional, sementara yang lain diserahkan kepada daerah, provinsi, atau kabupaten kota, kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Jumat (6/5), di Jakarta.

Nuh mengatakan, bebera-pa mata pelajaran yang akan dikendalikan secara nasional adalah Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Sejarah, Bahasa Indonesia, dan Matematika. Kenapa materi ini kita pegang secara nasional? Karena ini yang menjadi perekat, yang membuat Iata punya ikatan secara nasional. Kalau Matematika, itu logika nasionalnya. Jadi, kita tidak boleh membedakan antara Matematika di Jakarta dan di daerah sehingga kelima materi itu harus dibuat dalam konteks universal keindonesiaan, ujar Nuh.

Sementara materi yang terkait dengan muatan lokal, lanjutnya, seperti kesenian dan budaya, sekolah tetap memiliki wewenang penuh menyusun kurikulum tersebut. Masalah-masalah yang terkait dengan seni budaya dan muatan lokal itu diserahkan kepada sekolah atau daerah. Ada juga yang digabung dalam tingkat provinsi, seperti Bahasa Inggris, akan disesuaikan antara pusat dan daerah, kata Nuh. Kompas.com/cr

sumber : Bataviase

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

4 Comments:

ino putro said...

sebagai calon guru patut saya baca-baca artikel disini,, :D

alkatro said...

semoga semakin memperbaiki kualitas pendidikan negeri kita mas, amin.. :)

o iya, saya baru tahu kalau pemilik blog ini adalah admin blogb1sn1sku juga, ikut sedih atas lenyapnya blog pr5 anda,
dan tentunya saya masih ingat bener, bahkan awal kenal blogb1sn1sku dulu dari blog sahabat saya: mas martin juanda (numb3rblog)

met aktifitas :)

admin said...

thanks sob....sekarang saya lebih berhati-hati....krn kebetulan ini blog sekolah..

Meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood said...

salam blognoler, SETUJU sekali kalo materi pelajarannya d pisah seperti itu.cth saja pelajarana bahasa daerah harus di pegang oleh sekolah, krn tiap daerah di indonesia memilika bahasa yg berbeda-beda.tambahan lagi, kalau sudah di rombak spt it harus konsisten.jadi meskipun ganti menteri, kurikulum tetap sama. D tunggu backfollow nya sob,klo mau tukar link juga boleh..hehe..konfirm di blog saya ya.. :)

Posting Komentar

 

SDN KALISARI 05 PAGI Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha