Rabu, 02 Juni 2010

MATERI BELAJAR KELAS IV: BUNYI


Pengertian Bunyi

Musik sangat erat dengan kihidupan masyarakat kita. Melalui alat musik kita dapat membuat berbagai macam bunyi. Bunyi terjadi karena suatu benda yang bergetar. Bunyi merambat memerlukan media perantara, kita tidak dapat mendengar bunyi di ruang hampa. Kuat lemahnya bunyi bergantung pada amplitudo bunyi, semakin besar amplitudo bunyi semakin kuat bunyi itu terdengar.

Pengertian

Gelombang Bunyi Bunyi adalah salah satu bentuk energi. Dalam perambatannya bunyi memerlukan medium. Energi bunyi tersebut berasal dari benda yang bergetar, getaran yang merambat disebut gelombang. Bunyi merupakan gelombang longitudinal. Mengapa bunyi dapat kita dengar ? Kita dapat mendengar bunyi karena bunyi tersebut merambat dari sumber bunyi sampai telinga kita. Sumber bunyi yang bergetar akan menggetarkan udara disekitarnya, selanjutnya molekul udara yang bergetar akan menjalar sampai telinga kita. Getaran molekul udara membentuk rapatan dan regangan.

Ketika beduk dipukul, atau gitar di petik, senar gitar atau beduk tampak bergetar waktu dibunyikan. Saat senar bergetar terdengarlah bunyi. Bunyi gitar akan melemah jika getarannya melemah, akhirnya bunyi pun menghilang. Bunyi dapat terdengar bila :

  1. ada benda yang bergetar ( sumber bunyi )
  2. ada medium yang merambatkan bunyi, dan
  3. ada penerima yang berada dalam jangkauan sumber bunyi

Untuk Lebih Jelas silahkan download file berikut : Materi Belajar Kelas IV:BUNYI file berbentuk ZIP silahkan buka menggunakan winzip atau winrar kemudian klik gambar browser browser  untuk memulai materi (harus terhubung dengan internet). Selamat Belajar secara online.

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Poskan Komentar

 

SDN KALISARI 05 PAGI Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha