Jumat, 14 Mei 2010

KARYA TULIS DAN KENAIKKAN PANGKAT


images1

Menulis dan Jabatan Guru, sebenarnya merupakan 2 hal yang saling berhubungan. Mengapa demikian ? Karena kemampuan menulis yang dimiliki oleh seorang guru akan memberikan gambaran pada kemampuan yang dimiliki oleh guru tersebut dalam penyampaian materi kepada pada siswanya. Pemilihan kata yang tepat sehingga dapat dengan cepat dimengerti oleh siswa hanya akan dapat berkembang bila seorang guru rajin menulis dan membaca. Dua hal yang sulit untuk ditemukan saat ini, Guru lebih asik menulis RPP dan Program (karena tuntutan katanya) dan enggan untuk menulis apalagi melakukan penelitian yang terkait dengan profesinya.

Mungkin hal diatas pulalah yang menyebabkan rendahnya budaya baca dikalangan siswa saat ini (mudah-mudahan ada yang mau melakukan penelitian tentang hal ini). Sebenarnya Pemerintah sudah berupaya untuk mengatasi rasa malas dan enggan menulis dengan dikeluarkannya SK Menpan No: 26/MENPAN/1989 yang mengatur pemenuhan angka kredit bagi jabatan Guru. Hanya saja penetapan pemenuhan angka kredit pengembangan profesi (pembuatan karya tulis baik ilmiah maupun non ilmiah) hanya berlaku untuk kenaikkan pangkat golongan IV/b.

Dalam Konferensi Guru Internasional yang belum lama ini berlangsung, tercetus adanya keinginan pemerintah untuk lebih memperketat pemberlakuan angka kredit pengembangan profesi yang direncanakan tidak hanya berlaku bagi golongan IV/a ke atas tapi juga di mulai dari golongan III/b ke atas. Hal ini tentunya menuntut guru untuk mulai belajar menulis tidak hanya yang bersifat ilmiah tetapi juga non ilmiah bila mereka masih ingin memperoleh kenaikkan pangkat. Wacana ini tentunya didasari oleh keingingan pemerintah untuk meningkatkan mutu pegawainya (PNS: Red) terutama Guru yang merupakan ujung tombak peningkatan mutu generasi muda.

Apakah wacana di atas akan segera terealisasi dengan keluarnya SK pengganti SK Menpan No: 26/MENPAN/1989, penulispun belum pasti. Tapi satu hal yang sudah pasti, bahwa kita dituntut untuk mulai belajar menulis.

ANGKA KREDIT

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

 

SDN KALISARI 05 PAGI Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha